Home > Articles > Kasih Karunia adalah Se-Orang, Bukan Sebuah Doktrin/Pengajaran
Grace
By : Ps Joseph Prince

Yoh 1:17 Sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Tahukah anda apa yg membuat Kekristenan itu unik dan memberikan kekuatan untuk membebaskan orang-orang dari semua ketakutan, pikiran-pikiran yang menghakimi, dan keterbelengguan? Banyak sistim kepercayaan dunia di atur oleh kode etik moral, aturan-aturan dan hukum-hukum. Tapi Kekristenan itu unik di dalam bukan tentang daftar umum apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan. Ia adalah tentang sebuah hubungan pribadi dengan Allah yang maha Kuasa. Dan adalah Tuhan yang bekerja di dalam kita dan untuk kita melalui hubungan ini yang membawa perubahan dalam hidup kita.

Kekasih Tuhan, hari ini Allah Bapa adalah mengenai adanya hubungan pribadi dengan anda. Rasul Yohanes mengatakan (Yoh 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.), Lihat, bahwa Hukum Taurat itu diberikan. Ini memberikan implikasi adanya kejauhan. Sebaliknya, Kasih Karunia datang. Kasih Karunia adalah persona dan Ia datang sebagai Se-Orang – Orang itu Yesus Kristus. Hukum itu keras, dingin, dan bersifat umum. Anda tidak bisa mempunyai hubungan dengan kedua loh batu Hukum Taurat. Tapi Kasih Karunia adalah halus dan hangat. Kasih Karunia bukan sebuah pengajaran atau Doktrin. Kasih Karunia adalah Se-Orang, dan anda bisa mengadakan hubungan dengan seorang. Allah tidak tertarik hanya dalam ketaatan dan ketundukan. Dia adalah Tuhan yang Pengasih dan Dia rindu untuk mendapatkan suatu hubungan yang intim dengan anda.

Yesus datang dan mati dalam sebuah kematian yang keji diatas kayu salib, membayarkan hutang dosa dengan lengkap, dengan HidupNya sendiri supaya anda dan saya dapat berkuasa dalam hidup hari ini. PengorbananNya memenuhi setiap tuntutan dari Hukum Taurat dengan sempurna mewakili kita. (Mat 5:17). Semua yang kita tidak sanggup kerjakan, Dia telah kerjakan mewakili kita. Ketika anda menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, anda dibuatNya kudus dan benar oleh darah-Nya sekali dan untuk selamanya. Anda bisa memasuki sebuah hubungan dengan Allah yang maha kuasa dan datang KehadiratNya dengan berani tanpa ada perasaan bersalah, dihakimi, atau mengharapkan penghukuman.

Dengarkan, ketika anda sudah melunasi hutang anda pada pemberi pinjaman untuk rumah yang anda jaminkan, maka anda berhenti mengirim pembayaran bulanan anda dan menerima Sertifikat hak milik atas Rumah, Karena hutang anda sudah Terlunasi. Jika pemberi hutang masih mengirim Surat permintaan membayar, apa yang anda harus lakukan adalah menunjukkan Surat sertifikat hak milik anda atas Rumah tersebut. Dengan arti yang sama, hutang Hukum Taurat yang anda dan saya punyai sudah terbayar Lunas oleh Juruselamat kita Yesus Kristus, Haleluya!

Ketika iblis datang menuduh dengan Hukum Taurat yang telah anda gagal dan langgar, arahkan mata anda keluar dari diri sendiri dan tujukan kepada pembayaran yang Yesus sudah buat di kayu salib. Kristus adalah Surat Hak milik anda, yang mana itulah sebabnya anda dinamakan seorang Kristen hari ini. Anda tidak sendiri. Anda telah dibeli dengan darah Yesus Kristus yang berharga. DarahNya, yang ditumpahkan buat anda, memberikan anda dasar jaminan untuk mencapai dan menerima kemerdekaan dari Juruselamat anda yang mengasihi anda hari ini!

Pemikiran hari ini: Kasih karunia adalah se-Orang – Yesus sendiri. Dia membayar penuh hutang dosa ku dengan HidupNya sendiri supaya aku dapat berkuasa dalam hidup hari ini.

Doa hari ini: Tuhan Yesus, terima kasih Bahwa Engkau telah melunasi setiap tuntutan dari Hukum Taurat dengan sempurna mewakili aku. Terima kasih untuk membuat ku kudus dan Benar oleh Darah Mu sekali dan untuk selamanya. Aku telah dibeli dengan DarahMu yang berharga dan aku milikMu. Karena pengorbananMu yang sempurna, aku dapat masuk dengan berani ke dalam Hadirat Allah Bapa Tanpa takut, rasa bersalah, rasa penghakiman, atau pun harapan penghukuman. Jagalah aku agar tetap tumbuh di dalam pewahyuan Pekerjaan SelesaiMu.

Biar kan aku menerima lebih lagi Kasih KaruniaMu, dan kebaikan-Mu, sehingga aku boleh benar-benar berjalan dalam kebebasan di semua bidang hidup ku, Amin.

Bacaan Pelengkap: Matius 11:28, Yohanes 14:6-9