Home > Sermon > Feed and Rest

#26 Makan dan Istirahat

2 Corinthians 5:7

For we walk by faith, not by sight

Ayat diatas sudah sering sekali kita dengar. Kita berjalan, bukan berlari. Kadang-kadang kita berjalan terlalu cepat atau kita berlari dengan kekuatan sendiri. Pertanyaannya adalah bukan apa iman itu, tapi siapa iman itu. Jesus is an author and finisher of our faith (Ibr 12:2). Bukan karna iman mu kita berjalan, tapi iman Yesus. Iman kita bisa naik turun seperti ombak, tetapi Yesus sendiri yang menjadi iman kita. Kita berjalan dengan roh-Nya bukan dengan mata jasmani kita.

Let’s we start.. Saudara, dari semua ekspresi yang Ia gambarkan di Alkitab, salah satu yang paling dekat dalam hati-Nya adalah ekpresi antara gembala dan domba nya. Bahkan kata “gembala” pertama yang dikatakan di Alkitab adalah Habel. Habel di kitab Kejadian adalah seorang gembala yang menggembalakan kawanan domba. Kata gembala artinya sama dengan memberi makan kawanan domba, bukan hanya menjagai. Saudara tahu siapa yang memberikan makanan untuk kita? It’s God Himself.

Mazmur 23:1

Mazmur Daud. TUHAN adalah gembala ku, takkan kekurangan aku.

Tuhan adalah gembala ku. Adalah (is) artinya sekarang dan selama-lamanya. Artinya selamanya saudara akan menjadi domba-Nya dan Ia selamanya juga akan menjadi gembala saudara! Domba sangat bergantung pada gembala nya. Ketergantungan ini sangat penting. Tuhan mau kita menjadi seseorang yang sangat bergantung pada gembala kita. Karena Dia sangat suka untuk dimintai tolong. Tuhan sangat suka menggembalakan.

Mazmur 20:7

Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.

Tahun ini emang tahun kuda, tapi kita tidak percaya dengan kekuatan kuda. Kita percaya dalam nama Tuhan. Kenapa kita tidak bilang kita percaya pada Tuhan? Tapi dikatakan kita percaya dalam nama Tuhan? Karna nama Tuhan kita seperti menara yang perkasa. Nama Yesus sendiri artinya “Tuhan menyelamatkan”, jadi kita percaya pada Dia yang menyelamatkan kita,  bukan kepada orang lain, bukan pada kekuatan kita, kita percaya pada kekuatan-Nya yang menyelamatkan kita.

Saudara, kalau saudara pehatikan Mazmur 23 itu diantara Mazmur 22 dan Mazmur 24. Mazmur 22 menyatakan pekerjaan-Nya yang telah selesai di kayu salib (baca: Maz 22:1). Mazmur 24 mengatakan tentang Raja Kemuliaan yang datang untuk kedua kalinya (sekarang belum datang), berarti Mazmur 23 adalah masa dimana kita semua berada sekarang. The Lord is my shepherd.

Mazmur 23:2a

Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau,

Dia yang membuat kamu berbaring di padang berumput hijau. Padang berumput hijau itu untuk makan dan tidur. Itulah yang dibutuhkan tubuh Kristus. Tubuh Kristus membutuhkan makanan dan membutuhkan istirahat (rest) dalam Kristus. Itulah 2 hal yang gereja butuhkan sekarang. Rest bukan berarti tidak ada kegiatan dan malas-malasan.

Saudara waktu makan (makanan rohani) untuk hari ini, seperti manna hanya untuk satu hari demi satu hari. Kalau saudara bergantung pada pewahyuan yang lalu untuk masalahmu hari ini, itu sudah basi. You need to feed everyday. Penyebab gereja Tuhan tidak isitirahat adalah karna mereka tidak makan. Dalam gereja, kita makan rame-rame. Jangan makan sendiri. Karna waktu makan sendiri, saudara akan diserang dan akan ditipu (oleh si jahat). Dimana Tuhan menyediakan makanan, kita bisa beristirahat. Dimana ada Yesus, beristirahatlah dalam pekerjaan Yesus yang telah selesai diatas kayu salib. Saudara perlu mendengarkan kabar baik setiap hari agar setelah saudara beristirahat, saudara tahu arah jalan selanjutnya dan tidak kelaparan.

Mazmur 23:2b

Ia membimbing aku ke air yang tenang;

He leads me beside the still waters; (NKJV)

Kalau Dia yang memimpin, artinya yang memilih untuk mengikuti adalah kita. Kita punya pilihan. Gembala yang baik akan membawa domba-dombanya ke air yang tenang agar domba-domba tersebut dapat minum airnya. Disini bukan kita tidak mau bekerja, tapi hati kita yang tidak rest.

Mazmur 23:3a

Ia menyegarkan jiwaku.

Karena ada air yang tenang, maka Ia menyegarkan jiwa kita. He refresh you! Refresh itu menyegarkan, memulihkan. Engkau yang tidak ada kekuatan menjadi ada kekuatan kembali, tapi engkau harus makan (Firman Tuhan).

Domba itu ada 2 hal. Yang pertama domba ada kebutuhan. Kedua, domba tidak tahu ada kebutuhan. Kita sama seperti domba ini. Kita tahu kita butuh makan, tapi kita tidak mau makan atau kita makan makanan yang salah. Yang kedua, selama ini kita tidak pernah makan. Yes, we are in grace’s church but it doesn’t automatically meaning you are live under the grace.

Mazmur 23:3b

Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

He leads me in the paths of righteousness For His name’s sake. (NKJV)

Yesus adalah kebenaran mu. Bukan kamu yang membenarkan. Kebenaran dalam bahasa Ibrani sama artinya dengan straight (lurus). Jalan yang benar, kita suka berpikir ada jalan menuju kemana padahal tujuannya hanya kepada Yesus, great shepherd.

Percaya atau tidak, domba-domba (hewan) diajak gembala nya mencari makan tidak melewati jalan yang sama, karna rumputnya bisa kena kotoran, jadi busuk, membawa penyakit kepada dombanya. Jadi diajak jalan memutar dan tambah lama tambah tinggi. Jadi Ia (Yesus) memimpin kita pada satu kebenaran. Mungkin sama kebenarannya itu tapi tambah lama kebenaran-Nya tambah tinggi. Kita bicara mengenai kasih karunia, bagaimana Ia mengasihi kita, sampai ke puncak bukit, namanya pengharapan. Puncak dari gunung namanya pengharapan. Pengharapan dalam Kristus.

Yesaya 65:10

Saron akan menjadi padang rumput bagi kambing domba, dan lembah Akhor menjadi tempat pembaringan bagi lembu sapi, untuk umat-Ku yang mencari Aku.

Sharon shall be a fold of flocks, And the Valley of Achor a place for herds to lie down, For My people who have sought Me. (NKJV)

Jika kita berada di dalam lembah masalah, disanalah seharusnya kita makan (Firman Tuhan) lebih banyak. Waktu Engkau mencari Tuhan, makanlah lebih banyak. Engkau bisa berbaring di lembah Akhor, beristirahat di lembah masalah. Keep eating.

Yehezkiel 34:15

Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikian firman Tuhan ALLAH.

“I will feed My flock, and I will make them lie down,” says the Lord GOD. (NKJV)

Feed and lie down. Makan dan istirahat. You need time of rest. Rest in Him. You are forever forgiven because of Jesus Christ. He is Your righteousness.

Mazmur 23:4

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Gembala waktu siang hari berada di depan dombanya (hewan). Waktu malam hari, gembala berada diantara dombanya agar bisa menjaga domba-dombanya dari hewan lain. Tuhan ada ditengah-tengah kita supaya kita tidak ketakutan. Di tengah kebangkrutan kita, kegagalah kita, Ia berada bersama kita.

Tongkat dibunyikan di tanah, agar domba-domba nya tahu mereka masih berjalan bersama gembalanya. Gada dan tongkat bukan untuk memukuli domba. Gereja bukan tempat untuk ‘memukuli’ orang dengan Firman Tuhan.

Domba (hewan) itu diberi minyak di kepala nya (Maz 23:5b), telinga nya supaya tidak ada lalat kecil yang hinggap dan bersarang di telinga mereka, dan bisa sampai ke otak domba. Artinya waktu roh kudus dicurahkan kepada kita, kita diberkati oleh pekerjaan Yesus yang telah selesai. Ia tidak pernah marah lagi kepada kita dan kita dibasahi oleh cinta kasih-Nya. Kita butuh duduk dibawah pengajaran yang diurapi.

Mazmur 23:6

Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Bukan kita yang mencari kebajikan dan kemurahan Tuhan. Tapi, kebajikan dan kemurahan Tuhan yang mengikuti kita! Jadi kita tidak memusatkan mata kita kepada kebajikan dan kemurahan, tapi kepada gembala. Dia mengasihimu. Dia kasih terus suara-Nya kepadamu agar engkau tidak nyasar. Listen to CD, keep listening. Ambil 1 ayat makan dari ayat itu. Saudara tidak perlu berapa banyak (ayat) dan tidak perlu berapa lama, yang penting makan. Kebajikan dan kemurahan Tuhan akan mengikuti mu seumur hidupmu.

 

Sermon By: PS. Yudi Gumanti
Transcribed By: Ester Franscisca (@EsterEFA)

NOTE: Khotbah selengkapnya dapat didengarkan dan download di
Online: http://www.ciptaanbaru.com/online-sermon/
RSS Feed: http://feeds.feedburner.com/GBCAudioPodcast