Home > Sermon > Let Jesus Affect Your Life

#18 Biarkan Yesus Mempengaruhi Kehidupan Anda

Shalom! Kiong Hi semuanya! Are you ready to receive blessing in this new year? Banyak prediksi di tahun ini yang mengatakan mungkin tahun ini akan ada banyak goncangan, dsb yah mungkin benar tapi hanya akan terjadi untuk orang-orang di dunia. Kita memang berada di dunia, tapi kita tidak berasal dari dunia ini. Karna Allah Bapa kita di sorga sudah membawa kita ke dalam suatu kelahiran yang baru! Kalau kita tidak dilahirkan kembali, kita tidak mengalami keselamatan, kita semua akan mengalami apa yang dunia alami. Saya berdoa dan percaya bahwa kita semua yang sudah menerima dan percaya Tuhan Yesus, percaya kepada firman-Nya akan mengalami berkat Tuhan. Hal-hal baik akan terjadi kepadamu!

Kita semua punya kelemahan, tapi biarlah kita diingatkan di dalam Kristus kita mengalami kebangkitan Tuhan. Karna bukan kita lagi yang hidup tapi Kristus yang hidup di dalam kita. Dia bukan hanya menebus kita, tapi Dia juga yang membawa kita ke tempat yang lebih tinggi dimana semua berkat tersedia untuk kita. Kita bukan melihat kepada iman, tapi kita melihat kepada Yesus. Waktu kita melihat kepada Yesus, iman timbul dengan sendirinya!
Dalam setiap kehidupan kita itu semua karna kasih karunia Tuhan (by grace). Artinya sebenarnya kita tidak layak, tapi karna Tuhan Yesus mati di kayu salib, Dia yang melayakkan kita. Seharusnya kita tidak mendapatkannya, tapi kita mendapatkan.

Matius 20 berbicara mengenai perumpamaan tentang orang-orang upahan di kebun anggur. Tuan rumah disini maksudnya adalah Tuhan. Jika kita tahu ceritanya, tuan rumah mencari pekerja-pekerja di kebun anggur dan pagi-pagi benar sepakat memberikan satu dinar sehari, ada juga pekerja yang baru bekerja dari jam sembilan pagi, dua belas siang, tiga petang dan lima petang. Pada malam hari pekerja-pekerja itu dibayar upahnya dari yang masuk terakhir hingga yang terdahulu tapi semuanya sama masing-masing mendapatkan upah satu dinar. Pekerja-pekerja yang masuk pertama tidak senang dengan hasil yang didapatkan. Secara agama (bukan secara Kristen), kalau orang sudah diselamatkan harus melakukan a, b, c, d (baca: perintah-perintah Tuhan), baru dapat diberkati. Tapi kita diberkati benar-benar bukan dari apapun yang kita lakukan! Kita pikir karna yang telah kita lakukan, karna doa kita, karna kita sudah melakukan a, b, c, d. NO! Buktinya Abraham yang sudah berbohong malah diberkati. Disini saya tidak bicara kalian berbohonglah biar diberkati. Tidak! Firman mengatakan bukan apa yang kita lakukan makanya kita diberkati. Saya mau buat suatu fondasi kalau kita semua disini diberkati itu bukan karna apa yang kita lakukan! Jadi kalau kita menerima berkat Tuhan, kita dapat berkata “Terima kasih Tuhan. Aku tidak layak tapi Engkau memberikan..”

Jadi, kita itu adalah pekerja-pekerja yang masuknya jam lima sore, the end generation. Kita pasti sangat bersyukur karna Tuhan menemukan kita, baru bekerja sebentar tapi tetap dapat upah yang sama seperti pekerja di awal. Saya hanya mau bilang apapun yang kita lakukan, kita adalah pekerja yang jam lima sore. Kita pikir sudah banyak banget pekerjaan yang kita lakukan padahal baru bekerja sebentar.

1 Timotius 6:17
Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.

Terkadang kita pikir jadi orang biasa-biasa saja deh, jangan terlalu kaya. Tapi saya mau bilang waktu Tuhan datang ke dalam kehidupan kita mau tidak mau tidak mungkin tidak diberkati. Tuhan tidak mengatakan jangan menjadi orang kaya, tapi janganlah orang kaya menjadi tinggi hati. Firman Tuhan juga mengatakan “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang” (1 Timotius 6:10). That’s true! Tapi bukan uangnya. Uang itu harus dipakai, ia adalah budak terbaik yang bisa kita pakai di dunia ini. Use money, love people. Jadi kita pakai uang, kita kasihi sesama kita. Siapapun yang bisa kita berkati pakai uang, kita berkati.

1 Timothy 6:17-18
Command those who are rich in this present age not to be haughty, nor to trust in uncertain riches but in the living God, who gives us richly all things to enjoy.
Let them do good, that they be rich in good works, ready to give, willing to share,

Jadi kalau kita percaya kepada Tuhan, efeknya Ia akan memberkati kita richly and to enjoy. Terkadang dalam kehidupan kita, kita punya banyak berkat tapi kita tidak bisa menikmatinya. Kita percaya kepada Tuhan yang memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.
Ready to give disini maksudnya sebelum kita memberi, Tuhan sudah terlebih dahulu memberi. When we are ready to give, willing to share, let them know that Jesus is good.

Galatia 5:4
Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Satu-satunya alasan kenapa kita merasa hidup dalam Kristus tidak ada efeknya itu karna kita mengharapkan kebenaran oleh hukum taurat. Waktu Yesus dicobai oleh iblis dengan menyuruh mengubah batu menjadi roti, batu disini berbicara mengenai hukum taurat. Kita tidak bisa ‘makan’ hukum taurat. Kita tidak bisa ‘makan’ dari pohon pengetahuan baik dan buruk. Kadang yang kita bilang baik dan buruk hanya standart masing-masing. Tapi kita hanya bisa makan dari roti (living bread from Christ Himself). Kita makan setiap hari dari Kristus.

Galatia 5:1
Stand fast therefore in the liberty by which Christ has made us free, and do not be entangled again with a yoke of bondage.

Stand fast itu perfect tense dan active position. Berdiri teguh. Waktu kita dibenarkan oleh hukum taurat dan kita mulai lagi kembali kepada perbudakan itu artinya kita kembali lagi tidak aktif, tidak bekerja. Ada hal-hal dalam kehidupan kita tidak aktif, tidak bekerja dan saat itu kita tahu bagian ini biarkanlah kasih karunia Tuhan yang mengalir dalam area itu! Karna Tuhan sudah membebaskan kita. Kita harus tahu posisi kita, status kita adalah sudah bebas! Dia sudah membebaskan kita mati di kayu salib, maka segala masalah kita, depresi, ketakutan, sakit penyakit, kemiskinan sudah dibayarkan di kayu salib!

Mungkin hal ini tidak mudah, tapi saya percaya waktu benih Firman Tuhan ditabur, kalian akan mengerti. Penting sekali di ingat Galatia 5:4 supaya kalian tahu kenapa dalam kehidupan kalian ada yang tidak bekerja. Jangan cari jawaban di luar daripada Kristus! Karna di luar sana, kau tidak akan bisa berbuat apa-apa. Biarlah saat ini kita diingatkan agar kita fokus kepada Tuhan Yesus saja. Ketika kita fokus kepada-Nya, semuanya akan ditambahkan kepadamu!

God bless you!


Sermon By: PS. Litha Darmosuwito
Transcribed By: Ester Franscisca (@EsterEFA)

NOTE: Khotbah selengkapnya dapat didengarkan dan download di
Online: http://www.ciptaanbaru.com/online-sermon/
RSS Feed: http://feeds.feedburner.com/GBCAudioPodcast